Perbedaan Susunan Dan Jumlah Surat Dalam Pra-Mushaf Utsmani
Oleh: Sang Misionaris
Sebelum Utsman menjadikan mushafnya sebagai mushaf Imam atau yang lebih dikenal dengan mushaf Utsmani, berdasarkan fakta sejarah bahwa para sahabat lainnya telah memiliki mushafnya masing-masing, disamping kala itu, masih adanya shuhuf Hafshah yang berasal dari zaman Abu Bakar. Menurut Taufik Adnan Amal, pada abad ke-4 H telah ada beberapa sarjana Muslim yang melakukan kajian khusus tentang fenomena mashahif ini, menurutnya, kajian yang paling terkenal adalah karyanya Ibn al-Anbari, yang telah mendahului karya Ibn Mujahid. Namun, karya al-Anbari tersebut telah lenyap ditelan waktu, dan hanya ditemukan bekasnya dalam kutipan-kutipan yang dibuat oleh sarjana Muslim belakangan, seperti dalam karya as-Suyuthi, dan satu-satunya karya yang masih ada hingga saat ini adalah karya yang disusun oleh Ibn Abi Daud, Kitab al-Mashahif. Terkait tentang adanya mushaf dari para sahabat lainnya, Taufik Adnan menambahkan, bahwa Arthur Jeffery, penyunting kitab Ibn Abi Daud, telah melakukan pengklasifikasian mushaf menjadi dua kategori utama, yaitu mushaf primer dan mushaf sekunder.1
Pengklasifikasian yang dilakukan oleh Arthur Jeffery, bukanlah sebuah persoalan yang substansial, karena pengkategorian yang ia buat hanya berdasarkan perbedaan generasi saja yang tidak menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan. Namun demikian, mushaf para sahabat lainnya yang kerap kali menjadi pembahasan dan bahkan dijadikan sebagai pembanding dengan mushaf Utsmani adalah mushafnya Ibnu Mas'ud, mushaf Ubay bin Ka'ab, Mishaf ibnu Abbas, dan mushaf Ali bin Abi Thalib yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Sedangkan perbedaan-perbedaan bacaan yang terdapat pada mushaf tersebut, tidaklah sama sekali merusak atau bahkan menggugat otentisitas mushaf Ustmani, justru membuktikan bahwa mushaf para sahabat tersebut memiliki keselarasan dengan mushaf Utsmani, dan hanya memiliki perbedaan yang relatif sedikit, meskipun dalam susunan suratnya memiliki perbedaan dalam urutannya. Dan kondisi demikian, diamini pula oleh Carl W. Ernst, dengan menyatakan, bahwa sejumlah tafsir dan tulisan-tulisan ilmiah lain sebenarnya hanya memperlihatkan sejumlah perbedaan kecil pada teks Al-Qur'an.2 Lalu, seperti apakah perbedaan susunan dan jumlah surat dalam mushaf para sahabat lainnya?
1. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ali.3
Juz 1
|
Juz 2
|
Juz 3
|
Juz 4
|
Al-Baqarah
|
Ali-Imran
|
An-Nisa
|
Al-Mai’dah
|
Yusuf
|
Hud
|
An-Nahl
|
Yunus
|
Al-Ankabut
|
Al-Hajj
|
Al-Mukminun
|
Maryam
|
Ar-Rum
|
Al-Hijr
|
Yasin
|
Tha Sin Min
|
Lukman
|
Al-Ahzab
|
Ha Mim Ain Sin Qaf
|
As-Syu’ara
|
Ha Mim As-Sajdah
|
Ad-Dukhan
|
Al-Waqiah
|
Al-Zukhruf
|
Adz-Dzariyat
|
Ar-Rahman
|
Al-Mulk
|
Al-Hujurat
|
Al-Insan
|
Al-Haqqah
|
Al-Mudatstsir
|
Qaf wal-Qur’an
|
Alif Lam Mim Tanzil
|
Sa-ala Sa-il
|
Ara-aita
|
Iqtarabatis Sa-ah
|
As-Sajdah
|
Abasa
|
Tabbat Yada
|
Al-Mumtahanah
|
An-Nazi’at
|
As-Syams
|
Qul Huallah
|
At-Thariq
|
At-Takwir
|
Inna Anzalna
|
Wal-Ashr
|
Al-Balad
|
Al-Infithar
|
Al-Zalzalah
|
Al-Qai’ah
|
Alam Nasyrah
|
Al-Insyiqaq
|
Al-Humazah
|
Was Samai Dzatil Buruj
|
Wal-‘Adiyat
|
Al-‘Ala
|
Al-Fil
|
Wat-Thini
|
Inna A’thaina
|
Al-Bayyinah
|
Quraisy
|
Tha Sin
|
Qul Ya Ayyuhal Kafirun
|
Dinamai Juz Al-Baqarah
|
Dinamai Juz Ali-Imran
|
Dinamai Juz An-Nisa
|
Dinamai Juz Al-Ma’idah
|
Juz 5
|
Juz 6
|
Juz 7
|
Al-An’am
|
Al-A’raf
|
Al-Anfal
|
Subhana
|
Ibrahim
|
Bara-ah
|
Iqtaraba
|
Al-Kahfi
|
Thaha
|
Al-Furqan
|
An-Nur
|
Al-Malaikah
|
Musa
|
Shad
|
As-Shaffat
|
Fir’aun
|
Az-Zumar
|
Al-Ahqaf
|
Ha Mim
|
As-Syari’ah
|
Al-Fath
|
Al-Mukmin
|
Alladzina Kafaru
|
At-Thur
|
Al-Mujadilah
|
Al-Hadid
|
An-Najm
|
Al-Hasyr
|
Al-Muzammil
|
As-Shaf
|
Al-Jum’ah
|
La Uqsimu bi Yaumil Qiyamah
|
At-Taghabun
|
Al-Munafiqun
|
Amma Yatasa ‘Alun
|
Ath-Thalaq
|
Nun wal-Qalam
|
Al-Ghasyiah
|
Al-Muthaffifin
|
Inna Arsalna Nuhan
|
Wal-Fajr
|
Al-Falaq
|
Qul Uhiya
|
Wal-Laili
|
An-Nas
|
Al-Mursalat
|
Idza Ja-a Nashrullah
|
-
|
Wadh-Dhuha
|
-
|
-
|
Alhakumut Takatsur
|
-
|
-
|
Dinamai Juz Al-An’am
|
Dinamai Juz Al-A’raf
|
Dinamai Juz Al-Anfal
|
2. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ubay bin Ka’ab.4
No.
|
Nama Surat
|
No.
|
Nama Surat
|
1.
|
Al-Fatihah
|
54.
|
Al-Jin
|
2.
|
Al-Baqarah
|
55.
|
An-Najm
|
3.
|
An-Nisa
|
56.
|
Nun
|
4.
|
Ali-Imran
|
57.
|
Al-Haqqah
|
5.
|
Al-An’am
|
58.
|
Al-Hasyr
|
6.
|
Al-A’raf
|
59.
|
Al-Mumtahanah
|
7.
|
Al-Ma’idah
|
60.
|
Al-Mursalat
|
8.
|
Al-Anfal
|
61.
|
Amma Yatasa ‘Alun
|
9.
|
At-Taubah
|
62.
|
Al-Insan
|
10.
|
Hud
|
63.
|
La Uqsimu
|
11.
|
Maryam
|
64.
|
Kuwwirat
|
12.
|
As-Syu’ara
|
65.
|
An-Nazi’at
|
13.
|
Al-Hajj
|
66.
|
Abasa
|
14.
|
Yusuf
|
67.
|
Al-Muthaffifin
|
15.
|
Al-Kahfi
|
68.
|
Al-Insyiqaq
|
16.
|
An-Nahl
|
69.
|
At-Tin
|
17.
|
Al-Ahzab
|
70.
|
Iqra’ Bismi Rabbika
|
18.
|
Bani Israil
|
71.
|
Al-Hujurat
|
19.
|
Az-Zumar
|
72.
|
Al-Munafiqun
|
20.
|
Ha Mim Tanzil
|
73.
|
Al-Jumu’ah
|
21.
|
Thaha
|
74.
|
An-Nabi (saw)
|
22.
|
Al-Anbiya
|
75.
|
Al-Fajr
|
23.
|
An-Nur
|
76.
|
Al-Mulk
|
24.
|
Al-Mu’minun
|
77.
|
Wal-Laili Idza Yaghsa
|
25.
|
Ha Mim Al-Mu’min
|
78.
|
Al-Infithar
|
26.
|
Ar-Ra’d
|
79.
|
As-Syams
|
27.
|
Tha Sin Mim
|
80.
|
Al-Buruj
|
28.
|
Al-Qashash
|
81.
|
At-Thariq
|
29.
|
Tha Sin
|
82.
|
Al-‘Ala
|
30.
|
Sulaiman
|
83.
|
Al-Ghasyiah
|
31.
|
As-Shaffat
|
84.
|
‘Abasa
|
32.
|
Dawud
|
85.
|
As-Shaf
|
33.
|
Shad
|
86.
|
Adh-Dhuha
|
34.
|
Yasin
|
87.
|
Alam Nasyrah
|
35.
|
Ashabul Hijr
|
88.
|
Al-Qari’ah
|
36.
|
Ha Mim ‘Ain Sin Qaf
|
89.
|
At-Takatsur
|
37.
|
Ar-Rum
|
90.
|
Al-Khulu’
|
38.
|
Az-Zukhruf
|
91.
|
Al-Jayyid
|
39.
|
Ha Mim as-Sajdah
|
92.
|
Allahumma Iyyaka Na’budu
|
40.
|
Ibrahim
|
93.
|
Idza Zulzilat
|
41.
|
Al-Malaikah
|
94.
|
Al-Adiyat
|
42.
|
Al-Fath
|
95.
|
Al-Fil
|
43.
|
Muhammad
|
96.
|
At-Tin
|
44.
|
Al-Hadid
|
97.
|
Al-Kautsar
|
45.
|
Azh-Zhihar*
|
98.
|
Al-Qadr
|
46.
|
Tabaraka
|
99.
|
Al-Kafirun
|
47.
|
Al-Furqan
|
100.
|
An-Nashr
|
48.
|
Alif Lam Mim Tanzil
|
101.
|
Abu Lahab
|
49.
|
Nuh
|
102.
|
Quraisy
|
50.
|
Al-Ahqaf
|
103.
|
As-Shamad
|
51.
|
Qaf
|
104.
|
Al-Falaq
|
52.
|
Ar-Rahman
|
105.
|
An-Nas
|
53.
|
Al-Waqi’ah
|
*Dalam cetakan Leipzig berbunyi: At-Thihar (dengan Tha).
3. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Abdullah bin Mas’ud5
No.
|
Nama Surat
|
No.
|
Nama Surat
|
1.
|
Al-Baqarah6
|
55.
|
Al-Hawariyun
|
2.
|
An-Nisa
|
56.
|
Qul Uhiya
|
3.
|
Ali-Imran
|
57.
|
Inna Arsalna Nuhan
|
4.
|
Alif Lam Mim Shad
|
58.
|
Al-Mujadilah
|
5.
|
Al-An’Am
|
59.
|
Al-Mumtahanah
|
6.
|
Al-Maidah
|
60.
|
At-Tahrim
|
7.
|
Yunus
|
61.
|
Ar-Rahman
|
8.
|
Bara’ah
|
62.
|
An-Najm
|
9.
|
An-Nahl
|
63.
|
Adz-Dzariyat
|
10.
|
Hud
|
64.
|
At-Thur
|
11.
|
Yusuf
|
65.
|
Iqtarabatis Sa’ah
|
12.
|
Bani Israil
|
66.
|
Al-Haqqah
|
13.
|
Al-Anbiya
|
67.
|
Idza Waqa’at
|
14.
|
Al-Mu’minun
|
68.
|
Nun wal-Qalam
|
15.
|
Asy-Syu’ara
|
69.
|
An-Nazi’at
|
16.
|
Ash-Shaffat
|
70.
|
Sa-ala Sa-il
|
17.
|
Al-Ahzab
|
71.
|
Al-Mudatstsir
|
18.
|
Al-Qashash
|
72.
|
Al-Muzammil
|
19.
|
An-Nur
|
73.
|
Al-Muthaffifin
|
20.
|
Al-Anfal
|
74.
|
‘Abasa
|
21.
|
Maryam
|
75.
|
Ad-Dahr
|
22.
|
Al-Ankabut
|
76.
|
Al-Qiyamah
|
23.
|
Ar-Rum
|
77.
|
Amma Yatasa Alun7
|
24.
|
Yasin
|
78.
|
At-Takwir
|
25.
|
Al-Furqan
|
79.
|
Al-Infithar
|
26.
|
Al-Hajj
|
80.
|
Hal Ataka Haditsu8
|
27.
|
Ar-Ra’d
|
81.
|
Al-Ghasyiah
|
28.
|
Saba’
|
82.
|
Al-‘Ala
|
29.
|
Al-Malaikah
|
83.
|
Wal Laili Idza Yaghsya
|
30.
|
Ibrahim
|
84.
|
Al-Fajr
|
31.
|
Shad
|
85.
|
Al-Buruj
|
32.
|
Al-Ladzina Kafaru
|
86.
|
Al-Insyiqaq
|
33.
|
Al-Qamar
|
87.
|
Iqra’ Bismi Rabbika
|
34.
|
Az-Zumar
|
88.
|
Al-Balad
|
35.
|
Al-Hawamim al-Musabbihat
|
89.
|
Wadh-Dhuha
|
36.
|
Ha Mim al-Mu’min
|
90.
|
Alam Nasyrah
|
37.
|
Ha Mim Az-Zuhruf
|
91.
|
At-Thariq
|
38.
|
As-Sajdah*
|
92.
|
Wal-‘Adiyat
|
39.
|
Al-Ahqaf
|
93.
|
Ara-aita
|
40.
|
Al-Jatsiyah
|
94.
|
Al-Qari’ah
|
41.
|
Ad-Dukhan
|
95.
|
Lam Yakunilladzina Kafaru
|
42.
|
Inna Fatahna
|
96.
|
Was-Syamsi wa Dhuhaha
|
43.
|
Al-Hadid
|
97.
|
At-Tin
|
44.
|
Sabbaha
|
98.
|
Al-Humazah
|
45.
|
Al-Hasyr
|
99.
|
Al-Fil
|
46.
|
Tanzil
|
100.
|
Li Ilafi Quraisyin
|
47.
|
As-Sajdah*9
|
101.
|
At-takatsur
|
48.
|
Qaf
|
102.
|
Inna Anzalnahu
|
49.
|
At-Thalaq
|
103.
|
Wal-Ashri
|
50.
|
Al-Hujurat
|
104.
|
Idza Ja-a Nashrullah
|
51.
|
Tabarakalladzi
|
105.
|
Al-Kautsar
|
52.
|
At-Taghabun
|
106.
|
Al-Kafirun
|
53.
|
Al-Munafiqun
|
107.
|
Al-Masad
|
54
|
Al-Jumu’ah
|
108.
|
Qul Huallahu Ahad
|
4. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ibnu Abbas10
No.
|
Nama Surat
|
No.
|
Nama Surat
|
1.
|
Iqra’
|
58.
|
Ha Mim As-Sajdah
|
2.
|
Nun
|
59.
|
Ha Mimm Ain Sin Qaf
|
3.
|
Wadhdhuha
|
60.
|
Az-Zukhruf
|
4.
|
Al-Muzammil
|
61.
|
Ad-Dukhan
|
5.
|
Al-Mudatstsir
|
62.
|
Al-Jatsiyah
|
6.
|
Al-Fatihah
|
63.
|
Al-Ahqaf
|
7.
|
Tabbat Yada
|
64.
|
Adz-Dzariyat
|
8.
|
Kuwwirat
|
65.
|
Al-Ghasyiyah
|
9.
|
Al-A’la
|
66.
|
Al-Kahfi
|
10.
|
Wallaili
|
67.
|
An-Nahl
|
11.
|
Wal-Fajri
|
68.
|
Nuh
|
12.
|
Alam Nasyrah
|
69.
|
Ibrahim
|
13.
|
Ar-Rahman
|
70.
|
Al-Anbiya
|
14.
|
Wal-Ashri
|
71.
|
Al-Mu’minun
|
15.
|
Al-Kautsar
|
72.
|
Ar-Ra’d
|
16.
|
At-takatsur
|
73.
|
At-Thur
|
17.
|
Ad-Din
|
74.
|
Al-Mulk
|
18.
|
Al-Fil
|
75.
|
Al-Haqqah
|
19.
|
Al-Kafirun
|
76.
|
Al-Ma’arij
|
20.
|
Al-Ikhlas
|
77.
|
An-Nisa’
|
21.
|
An-Najm
|
78.
|
Wannazi’ati
|
22.
|
Al-A’ma
|
79.
|
Al-Infithar
|
23.
|
Al-Qadr
|
80.
|
Al-Insyiqaq
|
24.
|
Wasy-Syamsi
|
81.
|
Ar-Rum
|
25.
|
Al-Buruj
|
82.
|
Al-Ankabut
|
26.
|
At-Tin
|
83.
|
Al-Muthaffifin
|
27.
|
Quraisy
|
84.
|
Al-Baqarah
|
28.
|
Al-Qari’ah
|
85.
|
Al-Anfal
|
29.
|
Al-Qiyamah
|
86.
|
Ali-Imran
|
30.
|
Al-Humazah
|
87.
|
Al-Hasyr
|
31.
|
Wal-Mursalat
|
88.
|
Al-Ahzab
|
32.
|
Qaf
|
89.
|
An-Nur
|
33.
|
Al-Balad
|
90.
|
Al-Mumtahanah
|
34.
|
At-Thariq
|
91
|
Al-Fath
|
35.
|
Al-Qamar
|
92.
|
An-Nisa
|
36.
|
Shad
|
93.
|
Idza Zulzilat (Az-Zalzalah)
|
37.
|
Al-A’raf
|
94.
|
Al-Haj
|
38.
|
Al-Jin
|
95.
|
Al-Hadid
|
39.
|
Yasin
|
96.
|
Muhammad (saw)
|
40.
|
Al-Furqan
|
97.
|
Al-Insan
|
41.
|
Al-Malaikah
|
98.
|
Ath-Thalaq
|
42.
|
Maryam
|
99.
|
Lam Yakun
|
43.
|
Thaha
|
100.
|
Al-Jumu’ah
|
44.
|
Asy-Syua’ra
|
101
|
Alif Lam Mim As-Sajdah
|
45.
|
An-Naml
|
102.
|
Al-Munafiqun
|
46.
|
Al-Qashash
|
103.
|
Al-Mujadilah
|
47.
|
Bani Israil
|
104.
|
Al-Hujurat
|
48.
|
Yunus
|
105.
|
At-Tahrim
|
49.
|
Hud
|
106.
|
At-Taghabun
|
50.
|
Yusuf
|
107.
|
As-Shaf
|
51.
|
Al-Hijr
|
108
|
Al-Ma’idah
|
52.
|
Al-An’am
|
109.
|
At-Taubah
|
53.
|
Ash-Shaffat
|
110.
|
An-Nashr
|
54.
|
Luqman
|
111.
|
Al-Waqi’ah
|
55.
|
Saba’
|
112.
|
Wal-‘Adiyat
|
56.
|
Az-Zumar
|
113.
|
Al-Falaq
|
57.
|
Al-Mu’min
|
114.
|
An-Nas
|
Catatan Kaki:
1. Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Al-Quran, (Jakarta: Pustaka Alvabet, 2013), hlm. 173-174.
2. Carl W. Ernst, Pergulatan Islam Di Dunia Kontemporer: Doktrin Dan Peradaban, (Bandung: Mizan, 2016), hlm. 98.
3. Abu Abdullah az-Zanjani, Wawasan Baru Tarikh Al-Quran, (Bandung: Mizan, Tanpa Tahun), hlm. 95-96.
4. Ibid., hlm. 97-98.
5. Ibid., hlm 99-100.
6. Dalam karya Az-Zanjani hal. 99, pada nomor 1 ditulis An-Naba’, padahal pada nomor 77 telah ditulis meskipun dengan penamaan yang berbeda, bisa jadi telah terjadi kesalahan dalam menuliskannya atau juga salah cetak (Bdk. Ibrahim al-Ibyariy, Pengenalan Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995, hlm. 58 dan Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 189).
7. Pada nomor 77 dalam karyanya Az-Zanjani ditulis Amma Yatasa Alun, sedangkan pada karya Ibrahim al-Ibyariy ditulis Al-Mursalat (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 61). Sedangkan pada karya Adnan nomor 77 menurut versi Fihrist, tertulis: Al-Infithar, dan versi pada al-Itqan, ditulis al-Insan (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190).
8. Pada karya Ibrahim al-Ibyariy ditulis Al-Infithar (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 62). Sedangkan pada karya Adnan, dalam versi Fihrist bertuliskan Al-Lail, dan pada versi al-Itqan bertuliskan Al-Ghasyiyah (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190-191).
9. Nama surat pada no 38 dan 47 di mushaf Ibnu Mas’ud ada kesamaan. Silahkan untuk mengecek pada literatur lain semisal pada karya Ibrahim al-Ibyariy (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 60). Namun pada karya Adnan, nomor 38 bertuliskan al-Ahqaf dalam versi Fihrist, dan al-Zumar dalam versi Al-Itqan. Pada nomor 47 ditulis surat al-Hujurat dalam versi Fihrist, dan di versi Al-Itqan bertuliskan Al-Hasyr (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190).
10. Abu Abdullah az-Zanjani, op.cit., hlm. 102-103.
Comments
Post a Comment