Perbedaan Susunan Dan Jumlah Surat Dalam Pra-Mushaf Utsmani

Oleh: Sang Misionaris

    Sebelum Utsman menjadikan mushafnya sebagai mushaf Imam atau yang lebih dikenal dengan mushaf Utsmani, berdasarkan fakta sejarah bahwa para sahabat lainnya telah memiliki mushafnya masing-masing, disamping kala itu, masih adanya shuhuf Hafshah yang berasal dari zaman Abu Bakar. Menurut Taufik Adnan Amal, pada abad ke-4 H telah ada beberapa sarjana Muslim yang melakukan kajian khusus tentang fenomena mashahif ini, menurutnya, kajian yang paling terkenal adalah karyanya Ibn al-Anbari, yang telah mendahului karya Ibn Mujahid. Namun, karya al-Anbari tersebut telah lenyap ditelan waktu, dan hanya ditemukan bekasnya dalam kutipan-kutipan yang dibuat oleh sarjana Muslim belakangan, seperti dalam karya as-Suyuthi, dan satu-satunya karya yang masih ada hingga saat ini adalah karya yang disusun oleh Ibn Abi Daud, Kitab al-Mashahif. Terkait tentang adanya mushaf dari para sahabat lainnya, Taufik Adnan menambahkan, bahwa Arthur Jeffery, penyunting kitab Ibn Abi Daud, telah melakukan pengklasifikasian mushaf menjadi dua kategori utama, yaitu mushaf primer dan mushaf sekunder.1
    Pengklasifikasian yang dilakukan oleh Arthur Jeffery, bukanlah sebuah persoalan yang substansial, karena pengkategorian yang ia buat hanya berdasarkan perbedaan generasi saja yang tidak menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan. Namun demikian, mushaf para sahabat lainnya yang kerap kali menjadi pembahasan dan bahkan dijadikan sebagai pembanding dengan mushaf Utsmani adalah mushafnya  Ibnu Mas'ud,  mushaf Ubay bin Ka'ab,  Mishaf ibnu Abbas, dan mushaf Ali bin Abi Thalib yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Sedangkan perbedaan-perbedaan bacaan yang terdapat pada mushaf tersebut, tidaklah sama sekali merusak atau bahkan menggugat otentisitas mushaf Ustmani, justru membuktikan bahwa mushaf para sahabat tersebut memiliki keselarasan dengan mushaf Utsmani, dan hanya memiliki perbedaan yang relatif sedikit, meskipun dalam susunan suratnya memiliki perbedaan dalam urutannya. Dan kondisi demikian, diamini pula oleh Carl W. Ernst, dengan menyatakan, bahwa sejumlah tafsir dan tulisan-tulisan ilmiah lain sebenarnya hanya memperlihatkan sejumlah perbedaan kecil pada teks Al-Qur'an.2 Lalu, seperti apakah perbedaan susunan dan jumlah surat dalam mushaf para sahabat lainnya?

1. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ali.3
Juz 1
Juz 2
Juz 3
Juz 4
Al-Baqarah
Ali-Imran
An-Nisa
Al-Mai’dah
Yusuf
Hud
An-Nahl
Yunus
Al-Ankabut
Al-Hajj
Al-Mukminun
Maryam
Ar-Rum
Al-Hijr
Yasin
Tha Sin Min
Lukman
Al-Ahzab
Ha Mim Ain Sin Qaf
As-Syu’ara
Ha Mim As-Sajdah
Ad-Dukhan
Al-Waqiah
Al-Zukhruf
Adz-Dzariyat
Ar-Rahman
Al-Mulk
Al-Hujurat
Al-Insan
Al-Haqqah
Al-Mudatstsir
Qaf wal-Qur’an
Alif Lam Mim Tanzil
Sa-ala Sa-il
Ara-aita
Iqtarabatis Sa-ah
As-Sajdah
Abasa
Tabbat Yada
Al-Mumtahanah
An-Nazi’at
As-Syams
Qul Huallah
At-Thariq
At-Takwir
Inna Anzalna
Wal-Ashr
Al-Balad
Al-Infithar
Al-Zalzalah
Al-Qai’ah
Alam Nasyrah
Al-Insyiqaq
Al-Humazah
Was Samai Dzatil Buruj
Wal-‘Adiyat
Al-‘Ala
Al-Fil
Wat-Thini
Inna A’thaina
Al-Bayyinah
Quraisy
Tha Sin
Qul Ya Ayyuhal Kafirun
Dinamai Juz Al-Baqarah
Dinamai Juz Ali-Imran
Dinamai Juz An-Nisa
Dinamai Juz Al-Ma’idah

Juz 5
Juz 6
Juz 7
Al-An’am
Al-A’raf
Al-Anfal
Subhana
Ibrahim
Bara-ah
Iqtaraba
Al-Kahfi
Thaha
Al-Furqan
An-Nur
Al-Malaikah
Musa
Shad
As-Shaffat
Fir’aun
Az-Zumar
Al-Ahqaf
Ha Mim
As-Syari’ah
Al-Fath
Al-Mukmin
Alladzina Kafaru
At-Thur
Al-Mujadilah
Al-Hadid
An-Najm
Al-Hasyr
Al-Muzammil
As-Shaf
Al-Jum’ah
La Uqsimu bi Yaumil Qiyamah
At-Taghabun
Al-Munafiqun
Amma Yatasa ‘Alun
Ath-Thalaq
Nun wal-Qalam
Al-Ghasyiah
Al-Muthaffifin
Inna Arsalna Nuhan
Wal-Fajr
Al-Falaq
Qul Uhiya
Wal-Laili
An-Nas
Al-Mursalat
Idza Ja-a Nashrullah
-
Wadh-Dhuha
-
-
Alhakumut Takatsur
-
-
Dinamai Juz Al-An’am
Dinamai Juz Al-A’raf
Dinamai Juz Al-Anfal

2. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ubay bin Ka’ab.4
No.
Nama Surat
No.
Nama Surat
1.
Al-Fatihah
54.
Al-Jin
2.
Al-Baqarah
55.
An-Najm
3.
An-Nisa
56.
Nun
4.
Ali-Imran
57.
Al-Haqqah
5.
Al-An’am
58.
Al-Hasyr
6.
Al-A’raf
59.
Al-Mumtahanah
7.
Al-Ma’idah
60.
Al-Mursalat
8.
Al-Anfal
61.
Amma Yatasa ‘Alun
9.
At-Taubah
62.
Al-Insan
10.
Hud
63.
La Uqsimu
11.
Maryam
64.
Kuwwirat
12.
As-Syu’ara
65.
An-Nazi’at
13.
Al-Hajj
66.
Abasa
14.
Yusuf
67.
Al-Muthaffifin
15.
Al-Kahfi
68.
Al-Insyiqaq
16.
An-Nahl
69.
At-Tin
17.
Al-Ahzab
70.
Iqra’ Bismi Rabbika
18.
Bani Israil
71.
Al-Hujurat
19.
Az-Zumar
72.
Al-Munafiqun
20.
Ha Mim Tanzil
73.
Al-Jumu’ah
21.
Thaha
74.
An-Nabi (saw)
22.
Al-Anbiya
75.
Al-Fajr
23.
An-Nur
76.
Al-Mulk
24.
Al-Mu’minun
77.
Wal-Laili Idza Yaghsa
25.
Ha Mim Al-Mu’min
78.
Al-Infithar
26.
Ar-Ra’d
79.
As-Syams
27.
Tha Sin Mim
80.
Al-Buruj
28.
Al-Qashash
81.
At-Thariq
29.
Tha Sin
82.
Al-‘Ala
30.
Sulaiman
83.
Al-Ghasyiah
31.
As-Shaffat
84.
‘Abasa
32.
Dawud
85.
As-Shaf
33.
Shad
86.
Adh-Dhuha
34.
Yasin
87.
Alam Nasyrah
35.
Ashabul Hijr
88.
Al-Qari’ah
36.
Ha Mim ‘Ain Sin Qaf
89.
At-Takatsur
37.
Ar-Rum
90.
Al-Khulu’
38.
Az-Zukhruf
91.
Al-Jayyid
39.
Ha Mim as-Sajdah
92.
Allahumma Iyyaka Na’budu
40.
Ibrahim
93.
Idza Zulzilat
41.
Al-Malaikah
94.
Al-Adiyat
42.
Al-Fath
95.
Al-Fil
43.
Muhammad
96.
At-Tin
44.
Al-Hadid
97.
Al-Kautsar
45.
Azh-Zhihar*
98.
Al-Qadr
46.
Tabaraka
99.
Al-Kafirun
47.
Al-Furqan
100.
An-Nashr
48.
Alif Lam Mim Tanzil
101.
Abu Lahab
49.
Nuh
102.
Quraisy
50.
Al-Ahqaf
103.
As-Shamad
51.
Qaf
104.
Al-Falaq
52.
Ar-Rahman
105.
An-Nas
53.
Al-Waqi’ah


*Dalam cetakan Leipzig berbunyi: At-Thihar (dengan Tha).
3. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Abdullah bin Mas’ud5
No.
Nama Surat
No.
Nama Surat
1.
Al-Baqarah6
55.
Al-Hawariyun
2.
An-Nisa
56.
Qul Uhiya
3.
Ali-Imran
57.
Inna Arsalna Nuhan
4.
Alif Lam Mim Shad
58.
Al-Mujadilah
5.
Al-An’Am
59.
Al-Mumtahanah
6.
Al-Maidah
60.
At-Tahrim
7.
Yunus
61.
Ar-Rahman
8.
Bara’ah
62.
An-Najm
9.
An-Nahl
63.
Adz-Dzariyat
10.
Hud
64.
At-Thur
11.
Yusuf
65.
Iqtarabatis Sa’ah
12.
Bani Israil
66.
Al-Haqqah
13.
Al-Anbiya
67.
Idza Waqa’at
14.
Al-Mu’minun
68.
Nun wal-Qalam
15.
Asy-Syu’ara
69.
An-Nazi’at
16.
Ash-Shaffat
70.
Sa-ala Sa-il
17.
Al-Ahzab
71.
Al-Mudatstsir
18.
Al-Qashash
72.
Al-Muzammil
19.
An-Nur
73.
Al-Muthaffifin
20.
Al-Anfal
74.
‘Abasa
21.
Maryam
75.
Ad-Dahr
22.
Al-Ankabut
76.
Al-Qiyamah
23.
Ar-Rum
77.
Amma Yatasa Alun7
24.
Yasin
78.
At-Takwir
25.
Al-Furqan
79.
Al-Infithar
26.
Al-Hajj
80.
Hal Ataka Haditsu8
27.
Ar-Ra’d
81.
Al-Ghasyiah
28.
Saba’
82.
Al-‘Ala
29.
Al-Malaikah
83.
Wal Laili Idza Yaghsya
30.
Ibrahim
84.
Al-Fajr
31.
Shad
85.
Al-Buruj
32.
Al-Ladzina Kafaru
86.
Al-Insyiqaq
33.
Al-Qamar
87.
Iqra’ Bismi Rabbika
34.
Az-Zumar
88.
Al-Balad
35.
Al-Hawamim al-Musabbihat
89.
Wadh-Dhuha
36.
Ha Mim al-Mu’min
90.
Alam Nasyrah
37.
Ha Mim Az-Zuhruf
91.
At-Thariq
38.
As-Sajdah*
92.
Wal-‘Adiyat
39.
Al-Ahqaf
93.
Ara-aita
40.
Al-Jatsiyah
94.
Al-Qari’ah
41.
Ad-Dukhan
95.
Lam Yakunilladzina Kafaru
42.
Inna Fatahna
96.
Was-Syamsi wa Dhuhaha
43.
Al-Hadid
97.
At-Tin
44.
Sabbaha
98.
Al-Humazah
45.
Al-Hasyr
99.
Al-Fil
46.
Tanzil
100.
Li Ilafi Quraisyin
47.
As-Sajdah*9
101.
At-takatsur
48.
Qaf
102.
Inna Anzalnahu
49.
At-Thalaq
103.
Wal-Ashri
50.
Al-Hujurat
104.
Idza Ja-a Nashrullah
51.
Tabarakalladzi
105.
Al-Kautsar
52.
At-Taghabun
106.
Al-Kafirun
53.
Al-Munafiqun
107.
Al-Masad
54
Al-Jumu’ah
108.
Qul Huallahu Ahad

4. Susunan Surat-Surat Dalam Mushaf Ibnu Abbas10
No.
Nama Surat
No.
Nama Surat
1.
Iqra’
58.
Ha Mim As-Sajdah
2.
Nun
59.
Ha Mimm Ain Sin Qaf
3.
Wadhdhuha
60.
Az-Zukhruf
4.
Al-Muzammil
61.
Ad-Dukhan
5.
Al-Mudatstsir
62.
Al-Jatsiyah
6.
Al-Fatihah
63.
Al-Ahqaf
7.
Tabbat Yada
64.
Adz-Dzariyat
8.
Kuwwirat
65.
Al-Ghasyiyah
9.
Al-A’la
66.
Al-Kahfi
10.
Wallaili
67.
An-Nahl
11.
Wal-Fajri
68.
Nuh
12.
Alam Nasyrah
69.
Ibrahim
13.
Ar-Rahman
70.
Al-Anbiya
14.
Wal-Ashri
71.
Al-Mu’minun
15.
Al-Kautsar
72.
Ar-Ra’d
16.
At-takatsur
73.
At-Thur
17.
Ad-Din
74.
Al-Mulk
18.
Al-Fil
75.
Al-Haqqah
19.
Al-Kafirun
76.
Al-Ma’arij
20.
Al-Ikhlas
77.
An-Nisa’
21.
An-Najm
78.
Wannazi’ati
22.
Al-A’ma
79.
Al-Infithar
23.
Al-Qadr
80.
Al-Insyiqaq
24.
Wasy-Syamsi
81.
Ar-Rum
25.
Al-Buruj
82.
Al-Ankabut
26.
At-Tin
83.
Al-Muthaffifin
27.
Quraisy
84.
Al-Baqarah
28.
Al-Qari’ah
85.
Al-Anfal
29.
Al-Qiyamah
86.
Ali-Imran
30.
Al-Humazah
87.
Al-Hasyr
31.
Wal-Mursalat
88.
Al-Ahzab
32.
Qaf
89.
An-Nur
33.
Al-Balad
90.
Al-Mumtahanah
34.
At-Thariq
91
Al-Fath
35.
Al-Qamar
92.
An-Nisa
36.
Shad
93.
Idza Zulzilat (Az-Zalzalah)
37.
Al-A’raf
94.
Al-Haj
38.
Al-Jin
95.
Al-Hadid
39.
Yasin
96.
Muhammad (saw)
40.
Al-Furqan
97.
Al-Insan
41.
Al-Malaikah
98.
Ath-Thalaq
42.
Maryam
99.
Lam Yakun
43.
Thaha
100.
Al-Jumu’ah
44.
Asy-Syua’ra
101
Alif Lam Mim As-Sajdah
45.
An-Naml
102.
Al-Munafiqun
46.
Al-Qashash
103.
Al-Mujadilah
47.
Bani Israil
104.
Al-Hujurat
48.
Yunus
105.
At-Tahrim
49.
Hud
106.
At-Taghabun
50.
Yusuf
107.
As-Shaf
51.
Al-Hijr
108
Al-Ma’idah
52.
Al-An’am
109.
At-Taubah
53.
Ash-Shaffat
110.
An-Nashr
54.
Luqman
111.
Al-Waqi’ah
55.
Saba’
112.
Wal-‘Adiyat
56.
Az-Zumar
113.
Al-Falaq
57.
Al-Mu’min
114.
An-Nas

Catatan Kaki:
1. Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah Al-Quran, (Jakarta: Pustaka Alvabet, 2013), hlm. 173-174.
2. Carl W. Ernst, Pergulatan Islam Di Dunia Kontemporer: Doktrin Dan Peradaban, (Bandung: Mizan, 2016), hlm. 98.
3. Abu Abdullah az-Zanjani, Wawasan Baru Tarikh Al-Quran, (Bandung: Mizan, Tanpa Tahun), hlm. 95-96.
4. Ibid., hlm. 97-98.
5. Ibid., hlm 99-100.
6. Dalam karya Az-Zanjani hal. 99, pada nomor 1 ditulis An-Naba’, padahal pada nomor 77 telah ditulis meskipun dengan penamaan yang berbeda, bisa jadi telah terjadi kesalahan dalam menuliskannya atau juga salah cetak (Bdk. Ibrahim al-Ibyariy, Pengenalan Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995, hlm. 58 dan Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 189).
7. Pada nomor 77 dalam karyanya Az-Zanjani ditulis Amma Yatasa Alun, sedangkan pada karya Ibrahim al-Ibyariy ditulis Al-Mursalat (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 61). Sedangkan pada karya Adnan nomor 77 menurut versi Fihrist, tertulis: Al-Infithar, dan versi pada al-Itqan, ditulis al-Insan (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190).
8. Pada karya Ibrahim al-Ibyariy ditulis Al-Infithar (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 62). Sedangkan pada karya Adnan, dalam versi Fihrist bertuliskan Al-Lail, dan pada versi al-Itqan bertuliskan Al-Ghasyiyah (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190-191).
9. Nama surat pada no 38 dan 47 di mushaf Ibnu Mas’ud ada kesamaan. Silahkan untuk mengecek pada literatur lain semisal pada karya Ibrahim al-Ibyariy (Ibrahim al-Ibyariy, op.cit., hlm. 60). Namun pada karya Adnan, nomor 38 bertuliskan al-Ahqaf dalam versi Fihrist, dan al-Zumar dalam versi Al-Itqan. Pada nomor 47 ditulis surat al-Hujurat dalam versi Fihrist, dan di versi Al-Itqan bertuliskan Al-Hasyr (Taufik Adnan Amal, op.cit., hlm. 190).
10. Abu Abdullah az-Zanjani, op.cit., hlm. 102-103. 

Comments